Jumat, 15 Januari 2016

Multimedia Interaktif dan menurut pakar serta Fungsi Multimedia Interaktif

Multimedia  interaktif  adalah  media  yang  menggabungkan  teks,  grafik,
video,  animasi  dan  suara.  Untuk  menyampaikan  suatu  pesan  dan  informasi,
melalui media elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya.
Pengertian Multimedia Interaktif menurut beberapa ahli dijelaskan sebagai
berikut:
a.  Menurut  Robin  dan  Linda  (seperti  dikutip  Benardo,  2011)  Multimedia
interaktif adalah alat yang dapat menciptakan persentasi yang dinamis dan
interaktif, yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar
video.
b.  Menurut  Hofstetter  (seperti  dikutip  Benardo,  2011)  Multimedia  interaktif
adalah  pemanfaatan  komputer  untuk  membuat  dan  menggabungkan  teks,
grafik,  audio,  gambar  bergerak  (video  dan  animasi)  dengan
menggabungkan  link  dan  tool  yang  memungkinkan  pemakai  melakukan
navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
2.1.5 Jenis Multimedia Interaktif
Menurut Suyanto (seperti dikutip Benardo, 2011) jenis multimedia interaktif
terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
a.  Multimedia  Interaktif  Online  Multimedia  interaktif  online  adalah  media
interaktif  yang  cara  penyampaiannya  melalui  jalur/kawat/saluran/jaringan.
Contohnya situs Web, Yahoo Messengers, dan lain sebagainya. Jenis media
ini  termasuk  media  lini  atas,  yang  komunitas  sasarannya  luas,  dan
mencakup masyarakat luas.
b.  Multimedia  Interaktif  Offline  Multimedia  interaktif  offline  adalah  media
interaktif  yang  cara  penyampainnya  tidak  melalui  jalur/kawat/saluran/
jaringan.  Contohnya  CD  interaktif.  Media  ini  termasuk  media  lini  bawah

karena sasarannya, tidak terlalu luas dan hanya mencakup masyarakat pada
daerah tertentu saja.


Fungsi Multimedia Interaktif 

Dalam sebuah presentasi yang ditulis oleh Yanuar Rahman menyimpulkan
beberapa fungsi dari multimedia interaktif adalah sebagai berikut:
1.  Komunikasi antar bisnis: manajemen, absensi, keuangan.
2.  Komunikasi bisnin dan konsumen: e-commerce.
3.  Komunikasi antar konsumen: jejaring sosial.
4.  E-Learning: training, alat bantu pengajaran.
5.  Hiburan: games.
6.  Komunikasi pemerintah: informasi publik, layanan masyarakat.
7.  Komunikasi kebudayaan: informasi museum dan galeri.
8.  Dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar