Jumat, 15 Januari 2016

Jenis Multimedia dan Penggunaan Multimedia

Jenis Multimedia

Dalam  perkembangannya,  multimedia  dibagi  menjadi  beberapa  jenis
berdasarkan  teknik  pengoprasianya.  Hal  tersebut  dijelaskan  dalam  sebuah  buku
yang  berjudul  Multimedia  Digital  (Iwan  Binanto.2010:3)  membagi  jenis
multimedia menjadi 3 yaitu:
1.  Multimedia Interaktif
Pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan
dikirimkan atau ditampilkan.
2.  Multimedia Hiperaktif
Multimedia jenis ini mempunyai suatu struktur dari elemen-elemen terkait
dengan  pengguna  yang  dapat  mengarahkannya.  Dapat  dikatakan  bahwa
multimedia  jenis  ini  mempunyai  banyak  tautan  atau  link  yang
menghubungkan elemen-elemen multimedai yang ada.
3.  Multimedia linear
Pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati prouk multimedia yang
disajikan dari awal hingga akhir.

Penggunaan Multimedia 

Dalam  buku  Multimedia  Digital  juga  dijelaskan  bahwa  multimedia  dapat
digunakan dalam banyak bidang. Multimedia dapat masuk dan enjadi alat bantu
yang  menyenangkan.  Hal  ini  terjadi  karena  kekayaan  elemen-elemen  dan
kemudahannya digunakan dalam banyak konten yang bervariasi. Beberapa bidang
yang menggunakan multimedia adalah sebagi berikut:
1.  Bisnis
Aplikasi  multimedia  untuk  bisnis  meliputi  presentasi,  pemasaran,
periklanan,  demo  produk,  katalog,  komunikasi,  di  jaringan,  dan  pelatihan.
Penggunaan  multimedia  akan  membuat  kelancaran  dan  kemudahan
transaksi bisnis.
2.  Sekolah
Multimedia  sebenarnya  lebih  dibutuhkan  di  sekolah  karena  multimedia
dapat membuat media pembelajaran lebih lengkap dan menarik. Multimedia
dapatmenjadi alat pengajaran elektronik yang dapat membantu pengajar.
3.  Rumah
Multimedia  dapat  dimanfaatkan  sebagai  teman  atau  hiburan  dirumah,
misalnya game.
4.  Tempat Umum
Saat ini sudah banyak tempat-tempat umum yang memasang “kiosk”, yaitu
produk  multimedia  yang  berfungsi  sebagai  pemberi  informasi  mengenai
tempat yang sedang dikunjungi, kuliner, dan sebagainya.
5.  Virtual Reality (VR)
Bidang  ini  biasanya  menggunakan  alat-alat  khusus,  misalnya  kacamata,
helm,  sarung  tangan,  dan  antarmuka  pengguna  yang  tidak  lazim,  dan
berusaha  menempatkan  penggunanya  “di  dalam”  pengalaman  yang  nyata.
Dalam VR, lingkungan yang diciptakan sebenarnya merupakan ribuan objek
geometris yang digambar dalam ruang 3 dimensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar