Selasa, 29 Maret 2016

KONSEP INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER

Pengenalan IMK
 Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user
interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface
(MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan
perancang sistem.
 Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari
antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam
pemasaran produknya.
 Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan
tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru.
 Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai
fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka
secara fisik.
Definisi IMK
 Sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya
pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer
 Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi,
dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan
manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar
manusia itu sendiri
 Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya
 HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan
perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif
untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di
sekitarnya.
 HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan
penggunanya seramah mungkin.
Sistem IMK
HCIS = ƒ (h,m,e,i,t)
Dimana:
HCIS = sistem manusia dan komputer
h = subsistem manusia
m = subsistem mesin
e = subsistem lingkungan
i = interaksi manusia dengan sub-sub sistem
t = waktu, lamanya interaksi terjadi

Aplikasi IMK
 Perkantoran
 Kendali proses
 Penerbangan
 Komunikasi
 Desain pekerjaan
 Pelatihan/seleksi
 dll

Human Computer-Interface (HCI)
 Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human
interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)
 Tujuan:
 User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software
atau program aplikasi yang mudah dioperasikan, dan mempunyai sejumlah
kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan program
tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula
 WYSIWYG (what you see is what you get)
 Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
 Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja

HCI (lanjutan)
 Permasalahan yang muncul:
 Programer tidak dapat memahami secara tepat
penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan
kerja pengguna
 Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk
mengingat terlalu banyak informasi
 Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk
toleransi kesalahan
 Para pengguna berbeda dari sebelumnya
 Para pengguna berbeda satu dengan lainnya
 Para pengguna berbeda dari kita
 Mulai diterapkannya GUI (Graphical User
Interface)
Kriteria User Friendly
 Memiliki tampilan yang bagus
 Mudah dioperasikan
 Mudah dipelajari
 Pengguna selalu merasa senang
setiap kali menggunakan software
tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar